Apa Yang Diperoleh dari Teknologi informasi

Pesatnya perkembangan dunia teknologi informasi baik software maupun hardware, perkembangan dunia maya mengimplentasikan dunia dalam satu kesatuan tanpa batas. apa saja yang harus diperhatikan dan apa yang akan terjadi kemudian hari. Ada 6 poin utama yang harus diperhatikan atau dipikirkan oleh orang-orang yang berkecimpung dalam dunia teknologi informasi (TI) dan juga teknologi telekomunikasi.

Ke 6 poin itu adalah Internet/web enabled, form flow/work flow, centralized database/data mining, integrated system/application, security, dan technology trend. Mari kita bahas satu persatu:

1. Centralized database/data mining

Tersedianya informasi yang dibutuhkan untuk pengelolaan organisasi sangat dibutuhkan dan penting karena mempengaruhi pengambilan keputusan. Database pusat sangat dibutuhkan oleh setiap aplikasi untuk mengolah data agar dapat dianalisa.  Pengelolaan database dapat dilakukan secara terdistribusi pada lokasi yang secara geografis berada pada lokasi yang satu dengan yang lain berjauhan. Penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak lain harus dapat dilakukan tepat pada waktunya. Kebutuhan report adalah untuk kepentingan masa yang akan datang dan keterlambatan informasi dapat berakibat fatal yang dapat kehilangkan sutau kesempatan bahkan dapat mengakibatkan kerugian dalam jumlah yang besar. Tersedianya informasi tepat waktu dapat digunakan untuk merencanakan masa yang akan datang dan mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi.

Sehebat apapun aplikasi suatu sistem, kalau databasenya tidak dikelola dengan baik, maka data yang diproses bisa tidak akurat. Dalam era digital sekarang ini (termasuk internet), kebutuhan database semakin bertambah baik volume, durability maupun scalability-nya. Bukan saja menyimpan data, tapi juga cara data disimpan dan dapat diambil kapan saja dengan mudah. Dalam hal ini database manajemen memegang peranan penting.

Banyak perusahaan besar, telah memfokuskan ke teknologi database manajemen. Ketersediaan data kapanpun, dimanapun dan dapat diakses dengan piranti apa saja sudah menjadi hal yang mutlak dewasa ini dan untuk yang akan datang.

2. Internet/web enabled

Seperti revolusi, suka tidak suka, mau tidak mau kini internet hadir di setiap kehidupan manusia, baik dalam segi bisnis, hiburan dan kegunaan. Pernah ada pakar dari perusahaan Amerika mengeluarkan istilah “AOI” singkatan dari “Always on Internet”.

Bila kita perhatikan sekarang semua tren informasi teknologi baik dari segi hardware/aplikasi, infrastruktur, frame work, strategi, semuanya mengarah ke Internet atau Web-enabled system.

Dulu orang-orang menjual komputer biasa, lalu muncul era “multimedia” dimana dengan komputer orang bisa menjalankan aplikasi multimedia, termasuk didalamnya bisa melihat film (VCD/DVD), musik (MP3,CD), juga game dan aplikasi multimedia lainnya. Sekarang orang menjual komputer yang sudah termasuk modem untuk bisa menghubungi Internet atau “Internet Ready”.

Untuk aplikasi, banyak software house di Indonesia yang menambahkan bisnisnya menjadi web development, dimana mereka mulai membangun aplikasi web-enabled. Malah banyak juga perusahaan yang terjun ke dunia dotcom pada tahun-tahun lalu.

Kemudian banyak ISP (Internet Service Provider) bermunculan, penggunaan kabel optik pun meningkat. Bahkan dengan adanya kabel Internet, kita bisa online ke internet 24 jam tanpa harus memikirkan rekening telepon. Frame work dan strategi baru mengenai masa depan Internet juga banyak bermunculan.

Perusahaan-perusahaan yang menjual jasa berpikir membuat frame work untuk internet dimasa yang akan datang. Misalnya, Microsoft dengan .NET-nya. Sedangkan perusahaan-perusahaan pengguna jasa atau servis, juga berpikir bagaimana memanfaatkan teknologi yang ada untuk meningkatkan kinerja dan penghasilan mereka. Seperti kita ketahui banyak juga orang yang memakai internet untuk meningkatkan performa perusahaannya.

Mengapa internet/web-enabled? Keunggulan dari Internet ini adalah dapat diakses kapan saja, dimana saja, dengan alat apa saja (komputer, PDA/personal digital assistant seperti Palm, Visor, Ipaq, ponsel dengan WAPnya). Cukup dengan aplikasi browser (Internet Explorer atau Netscape) kita bisa menggunakan aplikasi apa saja di Internet.

Internet teknologi juga memungkinkan kita untuk dapat menggunakan teks, suara (internet phone), multimedia (streaming “live” video). Dengan internet kita terhubung secara global (seluruh dunia). Kita tahu juga bermunculannya istilah-istilah e-commerce, m-commerce, e-home, dimana perusahaan penjual jasa aplikasi/servis membuat aplikasi web-enabled untuk ERP, CRM, HRD, dan lainnya. Kita merasakan pula kegunaan e-mail, SMS (internet ke ponsel atau ponsel ke internet). Dapat kita lihat bahwa semua pengembangan teknologi adalah ke arah internet (internet sebagai platform).

3. Integrated system/application

Dalam suatu perusahaan, kesamaan sistem dan aplikasi sangat dibutuhkan. Ini karena mempengaruhi performa, maintenance (help, trouble shooting, patching), maintenance biaya, dan juga keamanan. Internet/web-enabled memungkinkan ini terjadi. Suatu sistem juga harus kuat, scalable, dan mudah dipelihara dengan biaya rendah.

4. Form flow/work flow

Dalam dunia yang masih manual, alur kerja atau work flow dapat digambarkan seperti contoh berikut: Bila saya mau mengambil cuti di kantor maka saya harus mengisi formulir cuti yang kemudian akan diberikan kepada atasan saya. Setelah atasan saya menyetujui dan menandatangani maka formulir itu saya serahkan ke bagian SDM yang akan menandatangani dan memasukkan ke data saya.

Alangkah indahnya kalau proses tersebut dijalankan secara digital, artinya tidak perlu formulir kertas. Untuk menjalankannya hanya mengisi form (web form atau digital form) setelah itu saya kirim ke atasan saya yang akan menyetujui dengan memasukkan password atau dengan tanda tangan digital. Dan setelah itu pihak SDM menyimpannya secara digital atau dicetak ke kertas untuk dokumentasi.

Sistem tersebut bisa dilakukan dengan aplikasi web-enabled atau dengan produknya Lotus Notes. Termasuk dalam sistem alur kerja ini adalah masalah otentifikasi dan juga sekuriti. Keuntungannya adalah paperless. Apabila form ini web-enabled dan bisa digunakan di internet, maka dampaknya lebih besar lagi.

5. Security

Secanggih dan sehebat apapun suatu sistem, kalau tidak memperhatikan masalah keamanan maka sama saja dengan menghancurkan sistem yang sudah ada. Contohnya, suatu perusahaan memiliki sistem yang terhubung ke Internet yang memungkinkan pelanggan mengakses ke sistemnya guna memantau data keuangannya. Servis yang diberikan perusahaan ke pelanggannya bisa dibilang sangat memuaskan karena pelanggan bisa memonitor keuangannya kapanpun dan dimana saja.

Tapi jika hacker meng“obok-obok” baik server ataupun databasenya dan media masa mengetahuinya, maka kredibilitas, bisnis, dan kepercayaan pelanggannya bisa hancur dalam sekejap. Sistem canggih dan mahal, sudah berjalan beberapa puluh tahun, mempunyai hubungan dengan pelanggan yang baik, dapat hancur lebur dalam hitungan kerdipan mata hanya karena tidak memperhatikan masalah keamanan.

Masalah ini bukan saja bisa terjadi pada perusahaan yang terkoneksi ke internet, tapi dapat pula terjadi pada intranet. Masalah keamanan yang sering kita dengar termasuk di dalamnya hacker, trojan horse, worm atau virus. Untuk mengatasinya mungkin bisa dilakukan audit keamanan terus menerus dengan perusahaan ketiga yang memang ahli dibidangnya, atau melakukan patching, dan menerapkan penggunaan peralatan yang sudah ada seperti firewall, SSL, enkripsi, dan sertifikat.

Keamanan harus diperhatikan dengan serius. Kalau kita tidak menguasai suatu sistem, tidak tahu apa yang harus dicegah dan bagaimana caranya untuk mencegah, lalu bagaimana kita mengawasi atau memonitor suatu sistem dan mengatakan bahwa sistem kita aman?

1. Technology Trend

Teknologi informatika dan telekomunikasi berkembang sangat pesat dan akan terus berkembang. Hal ini mempengaruhi sektor yang luas, gaya hidup, kebutuhan dengan kata lain mempengaruhi cara kita berpikir, bertingkah laku dan bekerja. Pada awal saya mengenal personal komputer betapa kagumnya saya dengan wordstar mengimplementasikan personal komputer menjadi mesin tik yang sangat mengagumkan, Lotus 123 menampilkan lembar kerja elektronik, dbase untuk mengolah database dan Clipper sebagai compiler program dbase sehingga saya dan juga orang lain sangat mengagumi fenomena tersebut. Sekarang siapa yang dapat menduga aplikasi tersebut sudah tidak digunakan lagi bahkan para profesional bidang TI sekarang tidak mengenal aplikasi tersebut.    Perusahaan telekomunikasi juga terpengaruh, seperti yang bisa kita lihat dalam perkembangan penggunaan PDA (Personal Digital Assistant). Sekarang baik perusahaan ponsel maupun PDA telah  menyatukan kedua alat ini; berupa ponsel dengan PDA ataupun PDA yang bisa digunakan sebagai ponsel dan komputer mini.

Kita harus tetap mengikuti perkembangan telematika ini, karena kita sadar bahwa semakin lama teknologi berbentuk digital berkembang ke arah yang makin pribadi, wireless, mobile, semakin kecil dan pintar dengan adanya Artificial Intelligence atau AI.(*)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s