PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI ASET DI PT. INDUSTRI TELEKOMUNIKASI INDONESIA (Persero) BERBASIS WEB

By: UTAMI DEWI WIDIANTI; NIM 10102087
Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, UNIKOM
Created: 2006-09-05 , with 5 file(s).

Keywords: SISTEM INFORMASI ASET, WEB.
PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) dalam hal ini Sub Divisi Adrus, Divisi Sekper & SDM membutuhkan suatu sistem informasi untuk pengelolaan pendokumentasian aset perusahaan. Pembangunan ulang sistem informasi aset ini mengacu pada sistem manual. Sistem manual yang berjalan saat ini memberikan dampak kurang terpeliharanya aset perusahaan, pendokumentasian data dalam bentuk berkas menyebabkan terjadinya penumpukan dokumen sehingga mengalami kesulitan dalam hal pemeliharaan, lambatnya dalam pemenuhan kebutuhan informasi aset dan pembuatan laporan.
Dalam proses pembangunan ulang sistem informasi aset perusahaan ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada perusahaan, dimana teknik pengumpulan data yang digunakan, antara lain yaitu observasi dengan mengamati secara langsung proses kerja yang dilaksanakan di dalam perusahaan untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai objek yang diteliti,wawancara, yaitu melakukan dialog secara langsung dengan pihak yang berwenang dalam memberikan keterangan terhadap data yang dibutuhkan, dan studi literatur dengan mencari pustaka-pustaka yang menunjang. Untuk teknik analisis data menggunakan metode dan paradigma perangkat lunak secara waterfall sedangkan metode aliran data sistem menggunakan metode terstruktur yaitu DFD (Data Flow Diagram) dalam menggambarkan model fungsional dan ERD (Entity Relationship Diagram) untuk menggambarkan model data.
Tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan sistem informasi aset perusahaan ini adalah dapat membantu dalam pengelolaan aset perusahaan, menjadikan sistem informasi aset perusahaan yang sudah ada lebih lengkap karena adanya pengelolaan aset dan tidak terbatas pada pendeskripsian ilustratif dokumen aset saja, dapat membantu dalam memudahkan pencarian informasi seputar properti atau aset perusahaan sehingga akan meningkatkan kinerja pada pelayanan bidang properti dengan pencarian informasi yang lebih cepat.
Setelah melalui tahapan sesuai dengan metode pengembangan yang dipilih maka dalam pengimplementasian sistem informasi aset perusahaan ini memiliki tindak lanjut pengujian sistem yang terdiri dari pengujian alpha dimana pengujian ini menggunakan metode pengujian black box yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak dan pengujian betha yaitu pengujian lapangan dengan pengolahan data statistik sebagai nilai akurasi hasil pilihan.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s